Tips MEnyewa Kantor Tanpa Masalah

Menyewa ruang kantor bukan hanya diliat dari sisi design atau feng shui semata. Sisi hukum juga mesti di perhatikan, supaya tak ada permasalahan masa datang.

Sebelumnya menyewa, kantor ada banyak hal yang perlu di perhatikan, yaitu isi kesepakatan sewa (lease agreement). Isi kesepakatan itu diantaranya :

1. Orang yang di tandatangani kesepakatan itu yaitu yang memiliki hak, yakni yang memiliki atau orang di beri kuasa oleh yang memiliki.

2. Bila akan menyewa dalam periode panjang (5 – 10 tahun) harga sewa baiknya ditetapkan mulai sejak awal, hingga tak ada kenaikan harga selama masa sewa. Bila harga sewa bisa naik setiap saat, maka tak ada berarti kesepakatan periode panjang itu.

3. Perhatikan klausul pemutusan sepihak (termination) yang mengatur pemutusan kesepakatan dengan cara sepihak tanpa ada kesepakatan pihak lain baik oleh pihak yang memiliki atau sebaliknya oleh pihak penyewa. Cermati isi dan bunyi bahasanya, lalu pertimbangkan keadaan yang untungkan untuk perusahaan Anda.

4. Teliti dan kalkulasi luas ruangan yang Anda sewa. Butuh di perhatikan, koridor di depan ruangan kantor bukanlah termasuk juga ruangan yang disewa. Pasalnya, ada beberapa pengelola gedung (building management) yang mengkalkulasi koridor kedalam area yang disewa.

5. Jaminan perawatan (maintenance) dari pengelola gedung harus terang. Berapakah lama mereka dapat melakukan perbaikan rusaknya bukanlah berapakah lama mereka merespon karena semakin lama perbaikan, semakin merugikan perusahaan Anda.

Bila beberapa hal ini telah di perhatikan mulai sejak awal, maka saat berlangsung perselisihan, posisi Anda secara hukum telah kuat. Baca juga : sewa kantor jakarta

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s