Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Semua Sektor

Related imageSeperti tercantum pada Undang-undang No. 13 Tahun 2003 Paragraf 5 Pasal 87 Butir (1) mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja, setiap perusahaan wajib mengaplikasikan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang terintegrasi dengan sistem manajemen perusahaan.

Ketentuan ini pun diperkuat oleh Undang-undang Nomer 1 Tahun 1970 mengenai Keselamatan Kerja dan Undang-undang Nomer 23 Tahun 1992 Bagian Ke enam mengenai Kesehatan Kerja. Paling akhir, ada juga PP nomer 50 th. 2012 mengenai System Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Oleh karena itu, dari ketiga ketentuan diatas dapat diambil kesimpulan kalau setiap perusahaan, industri, ataupun tempat kerja lain harus mendukung Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) beberapa pekerjanya.

Memerhatikan Hal Standar

Hal standard yang perlu di perhatikan dalam sistem operasional menurut Umar yaitu pemakaian Alat Proteksi Diri (APD). Misalnya saja penggunaan safety belt saat berada di ketinggian dan penggunaan masker saat berada ditempat berdebu. Oleh karena itu, perlengkapan yang dipakai juga harus penuhi standard yang sesuai sama kriteria kesehatan. Sebab, keselamatan pekerja yaitu hal yang paling penting.

Seluruh karyawan wajib dibekali oleh APD, ada perbedaan pada mereka yang bekerja di lapangan dan kantor. Hal ini hanya karena resiko kecelakaan kerja yang berbeda. Oleh karena itu, APD yang didapatkan pun tidak sama. Begitu halnya mereka yang bekerja di laboratorium, sarana APD-nya pun berbeda.

Ketidaksamaan APD ini satu diantaranya terlihat dari penggunaan sepatu safety, atau sarung tangan (glove). kalau type sarung tangan yang dipakai tidak sama untuk semasing ruang kerja. Pekerjaan umum seperti house keeping biasanya memakai sarung tangan katun. Sedang pekerja di tempat disiapkan sarung tangan high impact dan medium impact untuk kurangi resiko kecelakaan.

Begitu halnya sarung tangan khusus laboratorium yang dipakai oleh pekerja laboratorium, dan sarung tangan kevlar buat mereka yang bekerja ditempat bertemperatur tinggi. Ini semua dilakukan membuat perlindungan karyawan. Sebab, prinsipnya karyawan pergi dari dan pulang ke tempat tinggal itu selamat.

Tersebut sepintas tentang implementasi K3 yang sudah dilakukan oleh beberapa perusahaan. Mudah-mudahan info ini dapat memberi pemahaman akan pentingnya K3 di setiap bidang pekerjaan yang Kamu kerjakan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s