Peran Penting Simbol Keselamatan Kerja

Lambang Keselamatan Kerja

Simbol kerja harus selalu terpasang dengan jelas dan bisa dilihat agar pemahaman arti dan manfaat simbol yang khusus untuk melindungi keselamatan kerja bisa optimal. Perusahaan yang sudah menjalankan prosedur yang benar pun terkadang masih mengalami kecelakaan. Terlebih bila tidak melakukan apa pun untuk melindungi keselamatan.

– Peran Simbol Untuk Keselamatan Kerja

Dalam mengaplikasikan simbol untuk keselamatan kerja, kebanyakan orang yang berada di lingkungan kerja diinginkan memahami pada rencana dasarnya. Simbol memiliki fungsi yang sangat penting, kehadiran simbol berkaitan dengan mencegah perjanjian ketika bekerja. Dengan pemahaman yang optimal dan masak pada lambang- simbol keselamatan kerja, diinginkan setiap pekerja memiliki tingkat tanggapan yang tinggi akan semua tanda-tanda yang dapat menyebabkan kecelakaan. Pada sisi lain, simbol adalah bentuk info menempel pada semua orang yang berkaitan kedalam semua masalah pekerjaan. Diinginkan semua orang dapat mengerti visi simbol itu yang sebenarnya. Walau hanya sebuah simbol namun berikut satu rencana yang akan menempel didalam otak, hingga setiap pekerja selalu memprioritaskan keselamatan kerja.

– Pengingat

Karenanya ada simbol keselamatan kerja ini diinginkan ketika bekerja semua orang selalu ingat, jangan pernah terjadi kecelakaan ketika bekerja. Bila terjadi kecelakaan kerja pastinya hal itu adalah satu kondisi yang sangat tidak bagus pada kemampuan dan keberlangsungan kerja dan produktivitas perusahaan. Kondisi itu dilambangkan dengan simbol palang.

– Penggugah Kemampuan Semua Personil

Dengan simbol ini, beberapa pekerja diingatkan agar ketika bekerja selalu mementingkan pola kerja yang paling baik dengan kondisi fisik maupun psikis paling baik. Sekurang-kurangnya pekerja selalu mengingat kalau bekerja dengan kesegaran rohani dan jasmani yang optimal adalah modal yang utama agar hasil kerja maupun produktivitas dapat optimal. Kondisi seperti ini di beri simbol roda gigi yang tunjukkan aktivitas yang selalu berputar.

– Bekerja Harus Dilandasi Kesucian Hati
Dalam bekerja harus ditangani dengan setulus hati, jangan pernah terdapat pamrih lain selain menggerakkan pekerjaan dan keharusan dengan sebaik-baiknya. Pekerja yang baik adalah pekerja yang bekerja dengan sepenuh hati. Simbol kondisi ini yakni warna basic dari simbol kerja itu.

– Bekerja Harus Selamat, Sehat dan Sejahtera
Kondisi seperti ini dilambangkan dengan warna hijau, yang mengartikan kalau ketika diinginkan terdapat kenyamanan yang terwujud. Tidak berbeda dengan kondisi yang selamat, sehat dan sejahtera ketika melakukan pekerjaan. Sesuai amanat simbol itu seseorang pekerja harus memposisikan hidupnya kedalam kondisi yang sejahtera. Konsekwensinya adalah pihak berwenang harus memerhatikan upah pekerja. Selain itu para pekerja juga harus menggunakan APD untuk bekerja selamat seperti menggunakan pakaian keselamatan, sepatu safety, helm safety, kacamata safety dan sebagainya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s