Memahami Pentingnya menggunakan JSA (Job Safety Anaysis)

Related image

K3 yaitu suatu kondisi pada pekerja dengan tingkat keselamatan kerja dan kesehatan kerja yang setinggi-tingginya, jauh dari Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan Kecelakaan Kerja. Agar seorang pekerja tidak mengalami Penyakit Akibat Kerja dan kecelakaan kerja, maka perlu diusahakan beberapa aksi perbaikan diantaranya pada lingkungan kerjanya.

Suatu lingkungan kerja nyaman apabila lingkungan kerja itu, baik dengan cara fisik, kimia dan biologi tidak menyebabkan masalah kesehatan pekerja. Aspek fisik misalnya suhu tempat kerja, bising, getaran/vibrasi, radiasi ataupun pencahayaan baik, aman untuk kesehatan, aspek kimiawi baik untuk sistem produksi ataupun hasil produksi suatu tempat kerja tidak mengganggu kesehatan pekerja, demikian juga unsur biologi yang ada ditempat kerja dan ada aplikasi ergonomi yang baik. Suhu yang tinggi dan kebisingan ditempat kerja benar dapat menyulut terjadinya suatu kecelakaan kerja ataupun Penyakit Akibat Kerja.

Karenanya ada beragam aspek yang bisa mengganggu kesehatan kerja, maka perlu dilakukan identifikasi bahaya ditempat kerja. Identifikasi bahaya ditempat kerja perlu dilakukan, lalu dievaluasi apabila berada diluar standard yang ada maka dapat dilakukan ingindalian yang ideal ditempat kerja agar aman untuk pekerja. Banyak cara yang bisa dilakukan baik dari segi mesin, instalasi ataupun perlengkapan yang dipakai.

Sumber bahaya ditempat kerja dapat datang dari bangunan, perlengkapan, instalasi, bahan produksi, sistem produksi, cara kerja ataupun lingkungan kerja. Bahaya-bahaya itu dapat menyebabkan peledakan, kebakaran, kecelakaan dengan beragam derajat, dapat juga menyebabkan alergi, rusaknya kulit dan jaringan badan, kanker, keracunan, radio aktif ataupun kelainan janin.

Sedang cara pengendalian bahaya itu dapat dengan cara engineering misalnya ganti bahan beresiko dengan yang kurang beresiko, mengisolasi sumber bahaya, mengadakan ventilasi yang baik ; aksi administratif pada pekerja apabila gagal diberikan alat pelindung diri untuk pekerja.

JSA ada 3 jenis :
Manfaat Aplikasi JSA

  1. Dapat temukan bahaya fisik yang sudah ada disuatu pekerjaan dan sekaligus dapat memastikan cara yang tepat untuk menyingkirkan atau mengatur keadaan dan aksi yang bisa membahayakan ;
  2. Dapat memastikan type alat peralatan pengaman yang tepat sesuai type pekerjaan dan dapat untuk memastikan kwalifikasi petugas, seperti keadaan kesehatan, ketrampilan atau kekuatan khusus yang diperlukan, dan sebagainya. Misalnya menyediakan sepatu safety dan pakaian safety bagi pekerja beresiko dll.
  3. Dapat mempermudah dalam merumuskan standard proses pekerjaan yang sesuai dengan tuntutan operasi yang efektif dan aman, termasuk instruksi, pendidikan dan kursus ;
  4. Aplikasi standard pekerjaan yang aman akan memberikan keyakinan setiap pekerja dalam melakukan pekerjaannya dengan cara berkelanjutan dan aman hingga dapat bekerja lebih produktif ;
  5. Rumusan ikhtisar JSA dapat dipakai sebagai daftar check (check daftar) ketika mengevaluasi kemampuan K3 ditempat kerja.

Manfaat Aplikasi JSA

  1. Turunkan kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja ;
  2. Setiap bahaya yang nampak dapat diidentifikasikan dan perusahaan mengambil keputusan ingindalian resiko, hingga apabila aplikasinya teratasi, maka hal itu dapat turunkan kecelakaan ;
  3. JSA dapat menolong penyelidikan kecelakaan ;
  4. Jika suatu kecelakaan terjadi disuatu pekerjaan yang sudah dianalisis, maka dengan memakai hasil analisa itu perusahaan dapat tahu penyebabnya munculnya kecelakaan dan mengambil keputusan perbaikan yang diperlukan. Jika terdapat bahaya yang belum teridentifikasi, dengan JSA ini dapat di ketahui ;
  5. JSA dapat diintegrasikan kedalam system mutu dan manfaat produksi pada saat yang bersamaan.

Manfaat Aplikasi JSA

  1. Menggerakkan prinsip perusahaan di bagian K3 ;
  2. Meyakinkan prosedur kerja yang dilakukan yaitu prosedur kerja aman ;

Prosedur kerja yang dilakukan adalah prosedur kerja yang berkelanjutan. Bila seorang pekerja dipindahkan ke bagian lain/keluar dari tempat kerja/wafat dunia, maka pekerjaan yang dilakukan tetaplah jalan berkelanjutan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s